Senin, 21 Maret 2016

Cara Instalasi XAMPP di Windows 7


Halo semuanya kali ini saya akan mencoba membagi tutorial tentang cara instalasi XAMPP di Windows 7.
Namun sebelum saya menjelaskan tutorial tersebut, apa sih sebenarnya XAMPP tersebut ? 

Bagi para developer web mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya XAMPP ini. XAMPP sendiri adalah sebuah Package Software yang berisi kumpulan program untuk menciptakan environment lokal dalam pengembangkan aplikasi web. Namun di luar sana masih banyak orang yang menyebutkan XAMPP ini adalah sebuah Web Server. XAMPP bukanlah sebuah web server, melainkan package software, sesuai dengan namanya XAMPP merupakan singkatan dari X (empat sistem operasi apapun), Apache, MySQL, PHP dan Perl

Disini yang disebut web server adalah Apache. Selain Apache Web Server ada beberapa web server yang sering digunakana pada teknologi web seperti IIS (Internet Information Service) buatan Microsoft, dan ada juga Nginx. Untuk kelebihan dan kekurangan dari masing-masing web server kalian bisa googling. hehe....(males jelasin). Oww..iya hampir lupa tadikan sudah saya sebutin tuh web server satu persatu, sekarang akan saya coba bahas sedikit tentang Software Package yang masih sejenis dengan XAMPP. Ini dia bro/sis
  1. WAMPP (Hampir sama dengan XAMPP namun, hanya bisa berjalan untuk lingkungan sistem operasi Windows saja).
  2. AMPPS (Buatan Softacolous, hampir sama dengan XAMPP namun AMPPS sudah mendukung bahasa pemrograman Phyton dan Database SQL Lite).
  3. Laragon (Merupakan khusus untuk pengembangan aplikasi web untuk framework Laravel PHP)
Pada XAMPP nama direktori tempat kita menaruh semua aplikasi web kita adalah HTDOCS sedangkan WAMPP, AMPPS, dan Laragon nama direktorinya adalah WWW. Ok sekian dulu basa-basinya So ??? Check It Out...kita langsung ke pembahasan tutorial XAMPP. untuk langkah-langkahnya kalian bisa lihat langsung pada tutorial video dibawah ini.

Langkah instalasnya cukup mudah dan singkat, namun pada pertengahan instalasi muncul pesan error karena tidak bisa memilih direktori xampp untuk diinstall, ini dikarenakan direktori tersebut masih berisi file xampp yang lama. Solusinya cukup hapus direktori tersebut dan buat kembali direktori yang sama. Baiklah sekian dulu tutorial saya kali ini, sampai jumpa pada tutorial selanjutnya.


******** Stay Hungry Stay Foolish ********
Comma Inc.

0 komentar:

Posting Komentar